Tips Membangun Brand Awareness Melalui Digital Marketing

Dunia pemasaran digital yang berkembang cepat tentu menambah kesuksesan langkah merk awareness. Kamu bisa manfaatkan saluran pemasaran digital jikalau mengidamkan lebih efisien dalam membangun merk awareness. Berikut lebih dari satu cara yang bisa kamu coba.

Pengetahuan dan pemahaman seorang pembeli berkenaan suatu product spesifik bisa menciptakan kesadaran pembeli terhadap suatu merk atau istilahnya merk awareness.

Brand awareness atau kesadaran merk adalah arti yang digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan sejauh mana pembeli mengenali atau mengingat lagi suatu merk dari product tertentu. Ini merupakan cara awal bagi para pemilik usaha untuk membangun merk product yang dimiliki.

Terdapat lima elemen merk awareness sehingga pembeli bisa mengidentifikasi sebuah merek. Kelima elemen tersebut adalah merek, logo, simbol, karakter, slogan, dan kemasan. Idealnya, merk awareness terhadap merk spesifik mencakup respon positif terhadap mutu product yang membedakannya dari kompetitor serupa.

Semakin banyak pembeli yang paham merk Anda, maka makin mudah pula membangun kepercayaan terhadap produk. Konsumen tidak perlu lagi laksanakan riset dari awal untuk mengenal suatu merk seandainya merk awareness telah terbangun.

Merek yang baik akan bisa menempatkan product di atas kompetitor lainnya dan membuatnya menjadi pilihan utama bagi konsumen. Dengan kata lain, merk mewakili kepribadian, karakter, dan jiwa suatu perusahaan.

1. Jadilah Lebih Personal

Brand awareness yang kuat tentu bakal mengimbuhkan pengaruh besar pada tujuan pasar kamu. Kamu kudu melakukan tindakan personal dan merasa mendeskripsikan dirimu lebih berasal dari perusahaan yang menjajakan barang. Tentukan jargon atau kata yang bakal digunakan ketika mengidamkan mempromosikan bisnismu. Selain itu, kamu terhitung kudu membangun buyer persona sehingga tips ini berhasil seperti perusahaan iklan Jakarta.

2. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan tempat sosial tidak terbatas pada pemanfaatan fiturnya saja. Kamu kudu lihat tren yang sedang berjalan dan memanfaatkannya sehingga bisa menambah merk awareness. Merekmu bakal lebih mudah dan cepat dikenal luas lewat tips ini.

3. Promosikan Produk secara Naratif

Storytelling merupakan tehnik pemasaran yang efisien sebab bisa mengimbuhkan suatu hal yang nyata pada audiens. Kamu kudu menyebabkan narasi seputar merk atau product dan menerapkannya ketika melakukan pemasaran. Ada banyak gagasan narasi yang bisa dicoba, merasa berasal dari kisah pendiri bisnis, bagaimana bisnis punya gagasan product pertamanya, atau kisah sukses bisnis kamu.

4. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Terhubung dengan pelanggan lewat transaksi saja tidak cukup untuk menambah merk awareness. Kamu kudu bersosialisasi dengan mereka di tempat sosial pula. Kamu bisa berinteraksi lewat pertanyaan, komentar, atau membagikan konten yang disukai. Perlakukan akun bisnismu seolah-olah kamu mengupayakan berkenalan dengan pelangganmu.

5. Kombinasikan Inbound dan Outbound Marketing

Inbound marketing merupakan tehnik pemasaran secara non-intrusif, contohnya tempat sosial, mengadakan acara, atau tehnik Search Engine Optimization (SEO). Outbound marketing merupakan tehnik pemasaran yang segera menawarkan product kepada pelanggan lewat e-mail marketing atau telepon. Kombinasikan dua tehnik ini untuk menambah merk awareness bisnismu.

This entry was posted in Blog. Bookmark the permalink.