HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PERIZINAN DI BIDANG USAHA EVENT ORGANIZER

Event Organizer (EO) adalah sekelompok orang atau perusahaan yang menyusun, sesuaikan dan jadi pelaksana atas suatu aktivitas / acara, seperti pernikahan, hari ulang tahun, family gathering, rapat kerja, konser music, dll, merasa berasal dari persiapan hingga terhadap pelaksanaan kegiatan.

Syarat Pendirian perusahaan yang bergerak di bidang bisnis Event Organizer serupa bersama dengan pendirian perusahaan berbidang bisnis lainnya,

bedanya perusahaan bersama dengan bidang bisnis Event Organizer kudu perusahaan lokal (PMDN) dan kudu punyai  ruang kantor / office space tidak bisa pakai Virtual Office.

Izin khusus Untuk Event Oganizer

bidang bisnis Jasa Event Organizer ini tersedia izin khusus yang kudu dimiliki yaitu TDUP MICE (Tanda Daftar Usaha Pariwisata Meeting, Incentive, Convention, plus Exhibition),

 perihal ini diatur di dalam UU No. 10 Tahun 2009 berkenaan Kepariwisataan dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 18 Tahun 2018 berkenaan Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

Syarat mengurus TDUP MICE

Surat pernyataan kesanggupan laksanakan aktivitas bisnis pariwisata;

Surat pernyataan keabsahan dan kebenaran dokumen;

Fotokopi KTP Pemohon;

Fotokopi NPWP Pemohon

Fotokopi Legal Dokumen Perusahaan

Fotokopi Perubahan Legal Dokumen Perusahaan (bila ada);

Fotokopi sertifikat/bukti kepemilikan bangunan tempat usaha:

Apabila punya sendiri dibuktikan bersama dengan sertifikat tanah;

Apabila menyewa, dibuktikan bersama dengan perjanjian sewa menyewa;

Apabila di gedung, dibuktikan bersama dengan Surat Keterangan Domisili Gedung;

Apabila di ruko, dibuktikan bersama dengan Surat Pernyataan RT/RW berkenaan Domisili Perusahaan.

Dokumen teknis yang dipersyaratkan di dalam Pendaftaran Usaha Pariwisata;

Fotokopi bukti pelunasan pembayaran denda administratif bagi pengusaha pariwisata yang dikenakan sanksi denda administrasi.

TDUP – MICE di dalam pekerjaan lelang barang/jasa kebanyakan sering dijadikan sebagai syarat kualifikasi untuk model pengadaan seperti penyelenggaran festival, pengadaan konsumsi, pelaksanaan sosialisasi, dan pekerjaan lainnya yang berkenaan bersama dengan kualifikasi di dalam bisnis pariwisata.

KBLI di dalam Event Organizer

N – AKTIVITAS PENYEWAAN DAN SEWA GUNA USAHA TANPA HAK OPSI, KETENAGAKERJAAN, AGEN PERJALANAN DAN PENUNJANG USAHA LAINNYA

Kategori ini mencakup berbagai macam aktivitas yang membantu operasional bisnis atau bisnis secara umum. Kegiatan ini berlainan berasal dari aktivitas yang juga di dalam kategori M, gara-gara tujuan utamanya bukanlah transfer ilmu ilmu khusus

82 – AKTIVITAS ADMINISTRASI KANTOR, AKTIVITAS PENUNJANG KANTOR DAN AKTIVITAS PENUNJANG USAHA LAINNYA

Golongan pokok ini mencakup penyediaan sekumpulan jasa ketatausahaan sehari-hari seperti halnya bisnis rutin yang tetap menerus membantu kegunaan lainnya, atas basic balas jasa atau kontrak. Golongan pokok ini juga mencakup seluruh aktivitas jasa penunjang terutama yang disajikan untuk bisnis yang tidak diklasifikasikan di tempat lain. Kegiatan yang diklasifikasikan di sini tidak menyediakan tenaga operasional yang laksanakan total operasional usaha

823 – PENYELENGGARA KONVENSI DAN PAMERAN DAGANG

Golongan ini mencakup aktivitas pengaturan, promosi dan atau pengelolaan acara, seperti pameran dagang dan usaha, konvensi, konferensi dan rapat atau pertemuan, baik mencakup atau tidak pengelolaan dan penyediaan tenaga operasional sarana di mana acara selanjutnya dilaksanakan

8230 – PENYELENGGARA KONVENSI DAN PAMERAN DAGANG

Subgolongan ini mencakup : – Kegiatan pengaturan, promosi dan atau pengelolaan acara, seperti pameran dagang dan usaha, konvensi, konferensi dan rapat atau pertemuan, baik mencakup atau tidak penyediaan dan pengaturan tenaga untuk menjalankan sarana yang tersedia di mana acara selanjutnya dijalankan – Event Organizer

82302 – Event Organizer 82302

Kelompok ini mencakup aktivitas event organizer yang mengorganisasikan alur acara, dimulai berasal dari sistem pembuatan konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga alur acara selesai di dalam rangka membantu client mewujudkan tujuan yang diharapkan lewat alur acara yang diadakan. Jasa event organizer adalah penyelenggaraan sebuah acara berdasarkan pedoman kerja dan rencana acara selanjutnya dan mengelolanya secara profesional. Kegiatan EO yang dicakup terhadap group ini adalah EO pernikahan, pesta ulang th. dan acara sejenisnya.

Bagaimana perizinan Wedding Organizer ?

kegiatan bisnis wedding organizer tidak juga di dalam ruang lingkup bisnis pariwisata. Oleh gara-gara itu, tidak tepat terkecuali izin bisnis yang diajukan adalah TDUP.

Izin untuk Usaha Wedding Organizer ?

Merujuk terhadap Lampiran Kategori  Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 berkenaan Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 berkenaan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia, wedding organizer punyai kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 82302, di dalam group event organizer.

Berdasarkan uraian di atas, maka langkah pertama yang kudu dijalankan untuk mendirikan bisnis wedding organizer adalah mengajukan izin bisnis di sektor perdagangan.

Adapun definisi perdagangan menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 berkenaan Perdagangan (“UU Perdagangan”) adalah tatanan aktivitas yang berkenaan bersama dengan transaksi barang dan/atau jasa di di dalam negeri dan melampaui batas lokasi negara bersama dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

Pelaku bisnis yang laksanakan aktivitas bisnis perdagangan kudu punyai perizinan di bidang perdagangan yang diberikan oleh Menteri Perdagangan.

Pasal 1 angka 4 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 Tahun 2007 berkenaan Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan tunjukkan bahwa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat izin untuk bisa laksanakan aktivitas bisnis perdagangan.

Lebih lanjut, ketetapan Pasal 2 ayat (1) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 77 Tahun 2018 berkenaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Bidang Perdagangan (“Permendag 77/2018”), menyatakan bahwa perizinan berupaya di bidang perdagangan terdiri atas izin bisnis dan izin komersial atau operasional.

Berdasarkan Lampiran I Permendag 77/2018, SIUP juga ke di dalam kategori izin bisnis terhadap model perizinan berupaya di bidang perdagangan yang dijalankan lewat OSS. Akan namun kudu diperhatikan juga Penjelasan Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 berkenaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang tunjukkan bahwa untuk aktivitas tertentu, izin bisnis bisa sekaligus jadi izin komersial atau izin operasional. Contohnya adalah izin bisnis perdagangan.

Event Organizer (EO) adalah sekelompok orang atau perusahaan yang menyusun, sesuaikan dan jadi pelaksana atas suatu aktivitas / acara, seperti pernikahan, hari ulang tahun, family gathering, rapat kerja, konser music, dll, merasa berasal dari persiapan hingga terhadap pelaksanaan kegiatan. bidang bisnis Event Organizer ini tersedia izin khusus yang kudu dimiliki yaitu TDUP MICE (Tanda Daftar Usaha Pariwisata Meeting, Incentive, Convention, plus Exhibition), perihal ini diatur di dalam UU No. 10 Tahun 2009 berkenaan Kepariwisataan dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 18 Tahun 2018 berkenaan Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

TDUP – MICE di dalam pekerjaan lelang barang/jasa kebanyakan sering dijadikan sebagai syarat kualifikasi untuk model pengadaan seperti penyelenggaran festival, pengadaan konsumsi, pelaksanaan sosialisasi, dan pekerjaan lainnya yang berkenaan bersama dengan kualifikasi di dalam bisnis pariwisata. KBLI di dalam Event Organizer masuk kedalam kode 82302, Kelompok ini mencakup aktivitas event organizer yang mengorganisasikan alur acara, dimulai berasal dari sistem pembuatan konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga alur acara selesai di dalam rangka membantu client mewujudkan tujuan yang diharapkan lewat alur acara yang diadakan. Jasa event organizer adalah penyelenggaraan sebuah acara berdasarkan pedoman kerja dan rencana acara selanjutnya dan mengelolanya secara profesional. Kegiatan EO yang dicakup terhadap group ini adalah EO pernikahan, pesta ulang th. dan acara sejenisnya. Dan untuk mendirikan bisnis wedding organizer adalah mengajukan izin bisnis di sektor perdagangan.

This entry was posted in Blog. Bookmark the permalink.